OPPO F5 – Era Baru Ponsel Selfie – Capture The Real You

Bertempat di Ritz Carlton Pacific Place (13/11/2017) OPPO meluncurkan OPPO F5 yang sudah mengusung A.I Beauty Technology. Pada kesempatan ini saya menjadi salah satu yang diundang ke acara peluncuran tersebut.OPPO F5

Di ballroom hotel Ritz Carlton sudah disiapkan sebuah panggung yang terlihat sederhana tapi tetap berkelas, tak lama kemudian acara yang bertajuk “OPPO F5 – Capture The Real You” dimulai dengan menampilkan Chelsea Islan sebagai brand ambassador OPPO di layar panggung yang kemudian dilanjutkan oleh Alinna Wenxin selaku Brand Manager OPPO Indonesia menceritakan sejarah singkat perjalanan OPPO di Indonesia dan sekarang sudah saatnya era Full Screen .OPPO F5

Dilanjutkan oleh Suwanto selaku Marketing Planning Manager OPPO Indonesia menjelaskan keunggulan OPPO F5 yang sudah memiliki A.I Beauty Technology yang bisa membedakan antara wajah wanita dan pria dan memberikan efek yang berbeda bagi keduanya meski dalam satu frame. OPPO juga sekarang sudah mendukung Facial Unlock , fitur kekinian yang sedang hits di berbagai ponsel.OPPO F5

OPPO selaku selfie expert and leader tidak hanya berfokus pada kemampuannya menangkap foto tapi juga kemampuannya bermain game terutama game moba yang sedang populer yakni AOV.OPPO F5

OPPO bekerjasama dengan AOV mengoptimalisasi game AOV pada F5 sedemikian rupa hingga OPPO mengklaim AOV bisa dimainkan hingga 60 fps dalam high frame rate modes. Tidak hanya itu, OPPO menyiapkan fitur Game Accelerator yang mampu menyembunyikan notifikasi selama bermain game hingga memblokir panggilan agar pengalaman bermain game tidak terganggu. Fitur yang sangat menarik bagi para gamers yang tidak mau diganggu saat bermain game. Tidak hanya itu, bagi setiap pembelian OPPO F5 , pembeli akan mendapatkan DC Super Hero Lucky Box yang berisi heroes dalam game AOV.OPPO F5

OPPO F5 diotaki oleh prosesor Helio P23 Octa Core 2.5GHz fabrikasi 16nm dengan GPU ARM Mali-G71 MP2, 770 MHz. Slot SIM Card yang disediakan pada OPPO F5 ini juga sudah bukan hybrid lagi, jadi kamu bisa memasukkan 2 nano SIM Card dan 1 micro SD, tidak usah bingung di antara dua pilihan. Memiliki bentang layar 6 inci OPPO F5 sudah memiliki body to screen ratio kekinian yaitu 18:9 dengan resolusi FHD+ (1080×2160 pixels).OPPO F5

OPPO F5 sendiri akan hadir dalam 3 varian yakni OPPO F5 Youth (3/32), OPPO F5(4/32), dan OPPO F5 6GB (6/64) yang memiliki warna tambahan paling dicari saat ini yaitu warna merah.

OPPO F5

Tidak lupa tentunya acara ini turut dimeriahkan oleh Chelsea Islan selaku brand ambassador OPPO.OPPO F5

Pada acara ini juga ada pertandingan bermain game AOV memperebutkan OPPO F5 yang bisa diikuti oleh semua peserta yang hadir pada acara ini, salah satunya yang menang adalah Mas Epi dari Jalan Tikus dan Mas Dimas dari Teknovue.

OPPO F5

OPPO F5 juga menggelar acara first sale yang bertempat di Central Park , acara first sale ini berlangsung meriah dan tentu saja tidak lupa ada juga kontes game AOV memperebutkan OPPO F5. Acara ini berlangsung dari tanggal 16-19 November 2017. Pada acara ini rekan-rekan media juga diberi kesempatan untuk bertarung melawan para atlit e-sports yang memang sudah jagoannya bermain game mobile AOV dan bisa ditebak hasilnya, yak, para rekan media ini mengalami kekalahan, tapi gapapa, terimakasih telah bertarung mewakili rekan media yang lainnya 😀

Selama pertandingan berlangsung suasana di CP sangatlah ramai , banyak yang berbondong-bondong datang untuk melihat kemeriahan acara tersebut, membeli OPPO F5, ada juga yang nemenin pacarnya bertanding.

OPPO F5

Walau ramai pertandingan tetap berjalan dengan kondusif, dan semua peserta pertandingan menggunakan perangkat OPPO F5 untuk bertanding jadi tidak ada perbedaan perangkat di pertandingan ini. Setelah melalui babak-babak mencekam penuh drama, akhirnya babak final jatuh kepada tim BTR dan tim RRQ, yang akhirnya setelah perjuangan yang cukup sengit pertandingan AOV ini dimenangkan oleh tim RRQ. Kedua tim baik juara 1 dan juara 2 masing-masing mendapatkan satu unit perangkat OPPO F5 untuk tiap personilnya.

OPPO F5

Disain

Pertama kali dipegang, OPPO F5 dengan ketebalan hanya 7.5mm terasa sangat tipis karena bagian samping OPPO F5 ini agak melengkung sehingga terasa lebih tipis di tangan dan tampilan antar mukanya terlihat lebih ‘bersih’ ini dikarenakan hilangnya tombol virtual pada halaman muka OPPO F5 ini , tenang , bagi kalian yang belum terbiasa dengan gesture yang disediakan OPPO untuk menggantikan tombol virtualnya kalian masih bisa memunculkan tombol virtualnya di menu settings.

OPPO F5

Pada bagian depan ada kamera depan 20MP f/2.0 , LED notification, proximity sensor, light sensor, dan earpiece.OPPO F5Pada bagian kiri ada volume rockerOPPO F5Pada bagian kanan ada SIM Card tray dan tombol powerOPPO F5Pada bagian atas ada mikrofonOPPO F5Pada bagian bawah ada lubang keluaran speaker, port micro USB, dan jack 3.5mm.

OPPO F5Pada bagian belakang ada kamera utama 16MP f/1.8 , LED Flash, dan fingerprint scanner serta logo OPPO

Kamera

Untuk kamera belakang 16MP f/1.8 OPPO F5 bisa menampilkan foto yang cukup baik saat cahaya mencukupi. Mode HDR terbukti cukup membantu untuk menampilkan dynamic range yang lebih lebar. Shutter cukup cepat dan dalam cahaya yang cukup hasilnya cukup memuaskan. Detail yang ditangkap dapat tampil dengan baik di layar dan warna-warninya terlihat cukup menonjol di beberapa foto.

Dalam keadaan kurang cahaya dan bahkan dalam ruangan , detail foto yang dapat diambil oleh kamera belakang OPPO F5 ini cukup akurat. Yah walaupun ada noise dan grain di beberapa kesempatan karena memang kondisi ruangan yang cukup gelap, dan objek di tempat gelap sudut-sudutnya jadi agak bergerigi, tapi kebanyakan hasil fotonya masih bisa digunakan. Video hasil kamera belakang OPPO F5 juga cukup crispy dan smooth dengan resolusi 1080p 30fps.

Pada kamera belakang juga terdapat mode expert yang memungkinkan anda untuk mengatur segala aspek di dalamnya seperti bukaan, white balance, ISO, secara manual.

Bagaimana dengan hasil foto kamera depan OPPO F5 dengan A.I Beauty Technology?

Hasil foto kamera depan OPPO F5 ini tanpa beautification mampu menampilkan detail wajah dengan baik. Tidak ada efek beautification yang tersisa sama sekali. Facial hair yang ada pada wajah dapat tertampil dengan sangat jelas.

Tak pakai lama kami pun langsung mencoba fitur A.I beauty technology yang dipromosikan secara gencar oleh OPPO. Bagaimana hasilnya?

Setelah jepret sana jepret sini dengan teman-teman lain saya bisa simpulkan kalau ternyata hasil kamera depan OPPO F5 ini…

Cantik

Bisa dibilang hasilnya sangat memuaskan, berbeda dengan fitur beautification yang lain, hasil A.I Beauty Technology ini tidak menghilangkan terlalu banyak detail ‘cowok’ yang seharusnya ada seperti detail janggut dan kumis. Kerutan terlihat ada yang dihilangkan, muka juga tidak terlalu dihaluskan seperti fitur beautification pada umumnya.

Dengan A.I Beauty Technology
Dengan A.I Beauty Technology dan Depth Effect
Tanpa Efek Apapun
Tanpa A.I Beauty Technology , Menggunakan Depth Effect

Ketika dicoba saat berdampingan dengan wanita , hasil foto yang menggunakan A.I beauty technology terlihat bisa membedakan yang mana wanita dan yang mana pria lalu memberikan sentuhan beautification sesuai tarafnya. Kalau di sini berarti detail kumis dan jenggot dari cowok tetap dipertahankan namun keriput keriput dihilangkan dan kalau untuk cewek diperhalus wajahnya tapi tidak terlalu lebai sampai detail mukanya hilang.

Oh ya, fitur A.I beautification ini hanya berfungsi ketika dalam mode Auto ya, kalau mode manual anda harus menyesuaikan sendiri.

Satu hal yang hilang dari OPPO F5 ini adalah tidak adanya LED flash pada bagian depan. Hal yang cukup aneh mengingat ini adalah ponsel selfie. Untuk menggantikan hilangnya LED flash OPPO menggunakan cahaya dari layar sebagai sumber cahayanya.

OPPO F5 juga ada tipe foto bokeh untuk kamera depannya , yang diberi nama depth effect mode, dengan mode ini anda bisa bikin blur latar belakangnya sambil tetap fokus pada wajah. Setelah beberapa kali mencobanya hasil depth effect dari OPPO F5 ini tidak mengecewakan walaupun di beberapa kesempatan masih ada yang kurang rapih.

Pun saat digunakan ketika ada dua orang dalam satu frame, dimana orang kedua posisinya ada di belakang kita maka meskipun dalam previewnya depth effect orang kedua tersebut akan blur tapi hasilnya orang kedua itu tidak akan blur, ini mungkin karena di OPPO ada fitur pengenalan wajah yang mendeteksi semua wajah yang ada dalam frame tersebut.

Saat menggunakan mode video di kamera depannya juga bisa langsung menggunakan efek beautificationnya dari level 1 hingga 6 di resolusi 720p sedangkan apabila tanpa mode beautification mode videonya bisa mencapai resolusi 1080p FHD.

Selain itu OPPO F5 juga menyediakan watermark dan filter untuk berkreasi lebih jauh lagi. Ada juga fitur zoom 2x yang merupakan digital zoom bukan optical zoom mengingat tidak adanya lensa kedua. Rekaman video bisa up to 1080p di kamera depan dan kamera belakang, dan juga ada mode time lapse dan panorama.

Dengan penggunaan normal baterai 3200mAh dari OPPO F5 ini bisa bertahan hingga seharian, biasanya di jam 9 atau 10 malam baterai tersisa 10% lalu siap di-charge untuk digunakan di kemudian hari. Untuk pengisian daya membutuhkan waktu sekitar 2 jam an dari 10% hingga penuh.

Kesimpulan

OPPO F5 adalah sebuah perangkat yang menarik di berbagai sisi, layar full screen kekinian, tipis, ringan, baterai yang cukup mumpuni , tidak cepat panas saat digunakan bermain game, adanya OPPO Game accelerator dan performa yang baik saat menjalankan kebanyakan aplikasi. A.I Beauty Technology-nya  juga mampu memoles wajah cewek dan cowok dengan cukup baik. Hanya saja fitur depth effect masih terasa seperti gimmick dan fitur 2x zoom juga terasa seperti gimmick saja karena hanya berupa digital zoom.

OPPO F5 Specs

  • 2.5GHz Helio P23 octa-core processor
  • 4GB of RAM
  • Mali-G71 MP2 GPU
  • 6-inch Full HD+ Full-Screen LTPS IPS LCD Display; 1080×2160 resolution, 402 pixels per inch
  • 32GB of expandable storage
  • 4G, LTE
  • Dual SIM
  • 16-megapixel rear camera, f/1.8 aperture with LED flash
  • 20-megapixel front camera, f/2.0 aperture with AI Beauty Mode
  • WiFi, Bluetooth
  • GPS, A-GPS
  • Fingerprint scanner
  • 3200mAh battery
  • Android 7.1.1 Nougat with ColorOS 3.2

 

5 thoughts on “OPPO F5 – Era Baru Ponsel Selfie – Capture The Real You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *