Acer Spin 7, Kemewahan dalam Kesederhanaan

Bagi sebagian orang memiliki sebuah notebook yang powerful namun tipis, mudah dibawa kemana-mana, baterai awet, dan tidak ringkih adalah sebuah keharusan, baik dipakai untuk bekerja maupun untuk bersenang-senang.

Acer Spin 7

Acer mengemas Spin 7 dengan bahan full metal di keseluruhan bodinya, dengan ketipisan 10.98mm dan berat sekitar 1kg saja notebook ini termasuk jejeran ultrabook yang mudah dibawa kemana-mana.

Dibalut dengan bahan full metal menjadikan laptop ini terkesan premium di tangan, solid, kokoh, serta tahan banting. Pemilihan warna serba hitam dengan sedikit sentuhan warna silver pada hingenya membuat laptop ini tidak terlihat mewah tapi terlihat sederhana. Kesan mewahnya akan terasa ketika sudah dipegang sendiri. Jujur saja saya sendiri lebih memilih kalau hingenya sekalian diberi warna hitam, tanggung gitu loh.

Jujur saja saat pertama kali saya melihat Acer Spin 7 ini , tidak terasa kesan mewahnya, malah terlihat seperti sebuah laptop yang standar saja, namun ketika dipegang sendiri baru terasa kesan mewahnya yang terbalut dalam kesederhanaan. Bodi full metalnya yang solid serta bentuknya yang tipis terasa mantap di pegangan tangan, walaupun pada pinggirannya terasa agak tajam karena memang sudutnya yang cukup tajam di pinggiran bodi, serta notebook ini juga gampang jadi magnet sidik jari.

acer Spin 7

Masuk ke bagian dalamnya, ketika dibuka acer spin 7 menunjukkan profile yang benar-benar humble tapi mewah, notebook yang didominasi warna hitam ini memiliki trackpad yang sangat besar dan nyaman digunakan, bagi yang merasa trackpad besar ini rentan salah sentuhan karena terkena telapak tangan maka tenang saja, ada teknologi di acer yang mencegah hal tersebut. Selama saya menggunakan trackpad ini saya jarang mengalami cursor loncat-loncat.  Di trackpad ini juga sudah ada fitur multi-gesture yang sangat membantu dalam penggunaan sehari-hari semisal swipe atas dengan tiga jari untuk melihat tab yang terbuka, swipe ke kanan untuk berpindah tab, cubit untuk zoom in, spread untuk zoom out, klik dengan tiga jari untuk start menu, klik dengan empat jari untuk notification dan lainnya.

Urusan keyboard, Chiclet keyboard pada notebook ini cukup nyaman digunakan dengan travel distance yang bisa dibilang cukup. Hanya saja sayangnya keyboard pada notebook ini tidak ada backlightingnya sama sekali, entah apa yang ada di pikiran acer soal hal yang satu ini, karena di rentang harganya backlit keyboard sangatlah diharapkan.

Acer spin 7

Acer Spin 7 hanya memiliki dua usb port Type C yang untungnya keduanya bisa digunakan baik untuk data maupun untuk pengisian daya. Jadi kalau kamu biasa bekerja dengan beberapa perangkat seperti mouse Bluetooth, harddisk, butuh keluaran port HDMI, maka jangan lupa untuk menyiapkan dongle. Sayangnya kedua port USB Type C ini tidak mendukung Thunderbolt, dan tidak ada micro SD card slot di sini.

Urusan Audio, suara keluaran dari Acer Spin 7 tergolong cukup bagus dan keras, jangan harapkan dentuman bass yang mantap tapi secara overall suaranya oke, apalagi kalau didengarkan lewat headset. Hanya saja sayangnya peletakan lubang keluaran suara ini di posisi bawah sehingga suara yang keluar akan terhalang.

Urusan layar Acer Spin 7 menyematkan layar 14 inci panel IPS dengan vieweing angle sebesar 178 derajat dengan resolusi Full HD 1080p Touchscreen yang mendukung multitouch hingga 10 jari dan bisa menampilkan warna warni yang cukup akurat dengan sRGB 82% Touchscreennya pun responsif dan saya tidak menemukan masalah dengan touchscreennya.

Mengusung nama spin, acer spin ini layarnya bisa diputar hingga 360 derjat, memungkinkan kamu untuk menggunakan notebook ini dalam 4 mode,  notebook/laptop, tablet, tent, dan display..

Urusan berisik bisa dibilang hampir tidak ada di notebook ini , karena selain sudah menggunakan SSD, notebook ini juga mengusung disain fanless yang artinya tidak ada suara-suara kipas yang mengganggu, alih alih kipas, acer menggunakan sistem pendingin pasif untuk mendinginkan notebook ini.

Dalam penggunaan normal saya sehari-hari notebook ini mampu bertahan hingga 6 jam pemakaian, dan ketika digunakan untuk mengedit video notebook ini mampu bertahan hingga 2 jam pemakaian. Untuk pengisian daya sendiri Acer spin 7 membutuhkan waktu sekitar 2.5 jam dari 0 ke 100% .

Perlu dicatat prosesor yang digunakan di Acer spin 7 adalah core i7-7Y75 yang menandakan ini adalah prosesor yang sangat hemat daya yang sebenarnya adalah penerus intel core M yang artinya core i7 ini tidak sekuat i7 versi lainnya namun begitu untuk pemakaian sehari-hari masih dirasa cukup. Hanya saja untuk pemakaian edit video kamu harus sabar renderingnya ya.

Jadi menurut saya Acer spin 7 adalah sebuah laptop 2 in 1 yang bisa dibilang “bagus, tapi sayang tidak memenuhi harapan” , Acer spin 7 sebenarnya hampir memiliki segala aspek yang bisa dibilang cukup memuaskan tapi ternyata kurang memenuhi harapan.

Sisi bagusnya adalah ada di disainnya yang tipis, enteng hanya 1.2kg , simple, trackpad yang besar, tidak berisik karena tidak menggunakan fan melainkan menggunakan sistem pendinginan pasif, keyboard yang baik , layar dengan corning gorilla glass yang bisa diputar hingga 360 derajat, dua port USB Type C yang bisa digunakan untuk data maupun power, dan kualitas audio yang cukup bagus apalagi ketika menggunakan headset.

Sisi yang kurang bagusnya adalah di keyboardnya yang tidak memiliki backlight di range harga 19 juta an, menggunakan prosesor i7-7Y75 yang low power yang artinya kurang kuat dibandingkan i7 lainnya, baterai yang hanya mencapai waktu sekitar 6 jam padahal pemakaian standar, fingerprint magnet, dan kurang bisa meng-handle video editing yang berat.

Secara keseluruhan Acer spin 7 adalah sebuah altenatif yang menarik untuk sebuah laptop intel 2 in 1, battery life yang relative standar dan kurangnya backlight keyboard sangat disayangkan untuk sebuah notebook premium sekelas Acer spin 7 ini.

Akhir kata, seperti judul di atas, Acer Spin 7 menawarkan sebuah kemewahan dalam kesederhanaan. Dan itu yang membuat saya cocok dengan laptop 2 in 1 ini.

Bagi kamu yang penasaran, inilah spesifikasi lengkap Acer Spin 7

Spesikasi Acer Spin 7:

Operation System Windows 10 Home 64-bit
Display · 14”, FHD 1920×1080 IPS, 16:9 aspect ratio, LED-backlit TFT LCD

· 10-point touch

Processor Intel l 7th Gen Core i7 processor
Graphics Intel HD Graphics
Memory 8GB of LPDDR3
Storage SSD up to 256GB
Audio ●      Acer TrueHarmony

●      Skype for Business Certification

●      Cortana Premium

●      Automatically reverse audio channel

●      Two build-in speakers

Camera HD webcam
Wireless & Networking ●      802.11b/g/n/ac, 2×2, MU-MIMO

●      Bluetooth 4.0

Input & Output ●      Audio combo jack

●      1x USB Type C port with USB 3.1 Gen 1 and power delivery

●      1x USB Type C port with USB 3.1 Gen 1, power delivery and display port

Power & Battery ●      AC adapter: USB Type C 45W

●      Battery capacity: 40 Wh

●      Battery life: up to 8 hours

Dimensions & Weight ●      Dimensions: 324.6 (W) x 229.6 (D) x 10.98 (H) mm

●      Weight: 1.2 kg (2.64 lbs)

Option & Accessories ●      USB Type C to Type A cable

●      USB Type C to HDMI cable

 

 

One thought on “Acer Spin 7, Kemewahan dalam Kesederhanaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *